Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk … (14)


Penelitian ini dilakukan terhadap Penyuluh Pertanian di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Nganjuk dan bertujuan untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi kinerja yaitu variabel kecerdasan emosional dan variabel motivasi .
Hipotesis penelitian ini adalah diduga pengaruh variabel-variabel bebas di atas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja, diduga variabel-variabel bebas tersebut secara sendiri-sendiri berpengaruh terhadap kinerja dan diduga variabel kecerdasan emosional berpengaruh lebih dominan daripada variabel motivasi terhadap kinerja.
Penelitian ini menggunakan alat pengambil data (instrument) berupa kuesioner yang mengungkapkan tentang kecerdasan emosional dan motivasi. Agar data yang terambil itu baik maka kuesioner harus memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang diteliti baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap variabel terghantung. Adapun model regresi linier berganda harus memenuhi syarat asumsi umum regresi dengan melakukan uji heteroskedastisitas, autokorelasi serta multikolinieritas.
Berdasarkan hasil analisis Uji F terbukti bahwa variabel bebas berupa kecerdasan emosional (X1), motivasi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tergantung yaitu kinerja sehingga hipotesa pertama pada penelitian ini diterima. Sedangkan berdasar hasil Uji t terbukti bahwa variabel bebas secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tergantung sehingga hipotesa kedua pada penelitian ini diterima. Variabel bebas yang dominant mempengaruhi kinerja adalah variabel motivasi bukan variabel kecerdasan emosional sehingga hipotesis ketiga ditolak.



Category Article ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.