Strategi Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Sidomulyo Kec. Puncu Kabupaten Kediri … (71)


Penelitin ini dilakukan di kabupaten desa Sidomulyo Kec. Puncu Kabupaten Kediri yang dilakukan mulai Maret 2003 sampai April 2003. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui faktor-faktor eksternal dan internal dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga di desa Sidomulyo Kecamatan Puncu. 2) Untuk mengetahui strategi Kader PKK dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga di desa Sidomulyo Kecamatan Puncu
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode survei (Survey Method) dengan teknik pengambilan sample secara acak sederhana (random sampling). Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara sedangkan data yang diambil adalah data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor-faktor yang internal kekuatan yaitu : a) pengaturan anggaran melalui DPD/K, b) jumlah sarana dan prasarana memadai, c) kepedulian dari dias instansi, d) dukungan dari pemerintah kabupaten kediri, sedangkan factor internal kelemahan yaitu : a) ketidakpedulian pelaksanaan program, b) tingkat partisipasi masyarakat yang rendah, c) rendahnya SDM kader PKK tentang ketrampllan, d) rendahnya jiwa wirausaha, (2) factor eksternal peluang yaitu : a) perubahan ekonomi, b) terbukanya kesempatan pada pasar bebas, c) terbukanya kesempatan kerja, kepedulian lembaga perbankan, sedangkan factor eksternal ancaman yaitu : a) krisis ekonomi yang berkepanjangan, b) pengaruh globalisasi, c) perubahan pola konsumsi masyarakat, d) masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia. menjadi penghambat dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga di desa Sidomulyo Kecamatan Puncu adalah sumber daya manusia PKK kurang memadai, partisipasi masyarakat masih kurang, masyarakat dan anggota PKK kurang mempunyai jiwa wirausaha dan ketidakpedulian pelaksanaan program. (2) Strategi PKK di desa Sidomulyo Kecamatan Puncu dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga adalah menggunakan strategi SO (Strangths Opportunities), yaitu : a) Meningkatkan dana PKK melalui APBD II. b) Meningkatkan sarana dan Prasarana PKK. C) Meningkatkan kualitas kader PKK. d) Profesionalisme PKK dalam semua aspek kegiatan.



Category Article , ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.