FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2003 DI UNS (PAK-1)/(P-44)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2003 DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Kode PAK-1 atau P-44



BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual- keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Munib,
2005:33)

Pendidikan dikatakan berkualitas bila proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, efektif, efisien dan ada interaksi antara komponen- komponen yang terkandung dalam sistem pengajaran yaitu tujuan pendidikan dan pengajaran, peserta didik atau siswa, tenaga kependidikan atau guru, kurikulum, strategi pembelajaran, media pengajaran dan evaluasi pengajaran (Hamalik,
2003:77).
Fokus utama dalam dunia pendidikan adalah manusia dalam hal ini adalah peserta didik karena dengan adanya pendidikan peserta didik didorong untuk terlibat dalam proses mengubah kehidupannya kearah yang lebih baik, mengembangkan kepercayaan diri sendiri, mengembangkan rasa ingin tahu, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah dimilikinya, sehingga dapat berfungsi untuk peningkatan kualitas hidup pribadi dan masyarakat.


Salah satu tujuan dari proses belajar mengajar adalah adanya perubahan tingkah laku baik aspek pengetahuan (kognitif), aspek sikap (afektif), maupun aspek psikomotorik. Salah satu perubahan aspek kognitif mahasiswa dapat dilihat dari indeks prestasi yang diperoleh. Indeks prestasi dijadikan sebagai tolok ukur penguasaan akademik mahasiswa. Semakin baik penguasaan akademik mahasiswa maka prestasi yang diperoleh pun akan baik pula. Pencapaian prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh faktor baik faktor dari dalam diri mahasiswa (faktor internal) maupun faktor dari luar diri mahasiswa (faktor eksternal).
Menurut observasi yang dilakukan, mahasiswa UNNES angkatan 2003 mayoritas berasal dari luar daerah, dari 100% jumlah mahasiswa yang masuk UNNES 5%-10% berasal dari Semarang. Mahasiswa tersebut mempunyai kebebasan untuk mengelola sendiri pola makan, waktu istirahat, waktu bermain, dan berorganisasi. Orangtua tidak dapat secara intensif mengawasi, sehingga mahasiswa dapat mengaturnya sendiri sesuai kehendak dan kebutuhan mereka. Mahasiswa yang tinggal jauh dengan orangtua, dengan latar belakang keluarga kurang baik dapat terpengaruh terhadap pergaulan bebas karena keadaan lingkungan di sekitar UNNES yang mendukung hal tersebut.
Beberapa dari mahasiswa itu memilih untuk kuliah di UNNES bukan sebagai pilihan pertama dan ada juga yang sebenarnya tidak tertarik untuk masuk pada ilmu pendidikan. Menurut data pendukung Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi (SMS) Universitas Negeri Semarang periode Januari sampai dengan September 2003 jumlah peminat program kependidikan yang masuk UNNES jalur SPMP sejumlah 6.184, SPMB sejumlah 7.330, dan UMU sejumlah 207. Dari data tersebut terlihat bahwa minat mahasiswa untuk masuk UNNES yang muncul ketika mereka masih di SMU lebih kecil dibandingkan minat mahasiswa yang masuk UNNES ketika sudah lulus dari SMU. Minat itu berpengaruh terhadap corak perbuatan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan, pemusatan perhatian mahasiswa selama menerima materi kuliah, juga dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen.
Mahasiswa dengan minat yang rendah menyebabkan motivasinya juga rendah. Dengan motivasi yang rendah mahasiswa tidak mempunyai motivasi untuk menyukai materi perkuliahan sehingga akan merasa kesulitan menerima dan menguasai mata kuliah akuntansi yang teorinya cenderung rumit dan membutuhkan banyak perhitungan.
Lingkungan kampus tempat mahasiswa UNNES belajar yang beriklim sejuk dapat membuat mahasiswa cenderung bersantai-santai dan malas untuk belajar. Sarana akademik dan non akademik di UNNES yang masih memiliki keterbatasan menyebabkan mahasiswa kurang dapat mengembangkan potensi diri dan kreasinya sehingga muncul permasalahan berkenaan dengan pencapaian prestasi belajarnya. Dilihat dari sisi positifnya lingkungan kampus mahasiswa UNNES yang agak jauh dari keramaian dan hingar bingar ibukota propinsi dapat menunjang mahasiswa untuk lebih konsentrasi belajar, dan tidak cepat terkontaminasi pengaruh negatif dari kehidupan kota.
Berdasarkan fenomena yang ada di UNNES seperti yang dikemukakan diatas, dapat terlihat bahwa pencapaian prestasi akademik mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor itu dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi individu dalam belajar yang berasal dari diri individu itu sendiri seperti kesehatan, minat, motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi individu dalam belajar yang berasal dari luar diri individu yaitu lingkungan keluarga, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat.
Ditentukan faktor-faktor diatas dalam penelitian ini karena faktor tersebut dinilai sangat dominan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dalam belajar, satu faktor tidak dapat berpengaruh secara mutlak terhadap prestasi belajar. Menurut Slameto (2003:54-71) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar dapat digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar yang terdiri dari faktor jasmaniah, faktor psikologis, dan faktor kelelahan. Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi dalam belajar yang ada diluar individu yang terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
Sedangkan dari penelitian sejenis yang telah dilakukan oleh Gumelar Andriani (2005) yang menunjukkan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas I SMK TU Semarang 2003/2004 yaitu pengaruh faktor intern (kesehatan, perhatian, minat, bakat motivasi) terhadap prestasi belajar siswa adalah 41,2%, sedangkan pengaruh faktor ekstern (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat) terhadap prestasi belajar siswa adalah 26,6%.

Dari survei pendahuluan yang penulis lakukan, diperoleh indeks prestasi rata-rata mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2003 semester 1 sampai dengan semester 5 adalah 3, 03. Mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi diatas rata-rata kelas sebanyak 29 mahasiswa dan mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi dibawah rata-rata kelas sebanyak 30 mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa itu memperoleh indeks prestasi yang tinggi, tetapi masih ada lebih dari
50% dibawah rata-rata kelas. Prestasi belajar yang ditunjukkan dengan indeks prestasi itu diperoleh karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, baik faktor dari dalam diri mahasiswa (faktor internal) dan faktor dari luar mahasiswa (faktor eksternal).
Berdasarkan survei pendahuluan diatas penulis tertarik untuk meneliti masalah tersebut dan mengambil judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang”.



1.2 Identifikasi dan Rumusan Masalah


Untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Berawal dari faktor internal dan faktor eksternal yang tidak memadai di lingkungan mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi angkatan tahun 2003 di Universitas Negeri Semarang, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana deskripsi faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.

2. Adakah pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.
3. Seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.

1.3 Tujuan Penelitian


Tujuan penelitian ini adalah:


1. Untuk mengetahui deskripsi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.
2. Untuk mengetahui adakah pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.

1.4 Kegunaan Penelitian


Kegunaan penelitian ini adalah:


1. Bagi penulis


1) Untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
2) Sebagai bahan latihan untuk menerapkan teori dan mengembangkan ilmu yang telah diterima di bangku kuliah.

2. Bagi lembaga


1) Untuk memperoleh pengetahuan atau informasi tentang faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa
2) Sebagai tambahan informasi dan referensi bacaan bagi mahasiswa.


Category Article ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.