PKP 001 - Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV

Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilang 1 Materi Faktor Dan Kelipatan Dengan Metode Diskusi Tahun 2010

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Salah satu tolok ukur keberhasilan guru adalah bila dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat tergantung dengan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis dalam mengajar matematika selama ini, siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Pengalaman juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan harian pada materi pokok faktor dan kelipatan dari 35 siswa hanya 10 anak yang dapat mengerjakan tugas dengan nilai 70. Saya sebagai guru kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pilang 1, merasa khawatir karena milai matematika yang kurang memuaskan, Kalau ini dibiarkan berlarut-larut maka akibatnya akan fatal, karena pelajaran matematika akan berkelanjutan sampai jenjang berikutnya.

Gejala-gejala yang tampak pada saat proses belajar adalah kemampuan menganalisis dan menyelesaikan soal rendah, siswa pasif dan cenderung suka mencontoh temannya, siswa belum mampuberfikir kritis dan sistematis. Akibatnya jika diberi soal-soal yang agak berbeda sedikit dengan contoh yang diberikan, mereka tidak mampu menyelesaikannya. Hal ini disebabkan siswa belajar hanya dengan mengingat fakta dan kurang memahami materi yang dipelajari.

Dengan adanya penelitian ini saya berusaha mencari permasalahan dan juga solusi terbaik bagi siswa dalam pembelajaran matematika yaitu bahwa mungkin rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena (1) pendekatan pembelajaran kurang sesuai, (2) Metode mengajarnya kurang bervariasi, (3) Tehnik penilaian tidak sesuai sehingga perkembangan siswa kurang terukur, (4) Pemanfaatan Lingkungan atau media pembelajaran kurang dan dukungan belajar dari orang tua dan masyarakat rendah.

Secara etimologi dan analisis pengertian pendidikan di atas secara singkat, pendidikan dapat dirumuskan : tuntunan petumbuhan manusia sejak lahir hingga tercapainya kedewasaan jasmani dan rohani dalam interaksi dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

Untuk mecapai tujuan pendidikan, maka guru perlu menerapkan metode yang sesuai dalam pembelajaran. Tidak ada satupun metode yang dianggap paling baik di antara metode-metode yang lain. Tiap metode mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Suatu metode mungkin baik untuk suatu tujuan tertentu, kompetensi dasar/indikator manapun, situasi dan kondisi tertentu, tetapi mungkin tidak tepat untuk situasi yang lain. Demikian pula suatu metode yang dianggap baik bagi suatu kompetensi dasar/indikator yang disampaikan oleh guru tertentu, tetapi belum tentu berhasil dibawakan oleh guru lain.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengambil judul Meningkan pemahaman pembelajar dan matematika siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 materi faktor dan kelipatan melalui metode diskusi tahun 2010.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan hasil pengamatan dan pada latar belakang di atas, Berdasarkan permasalahan penulis dalam melakkan perbaikan tindakan kelas dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP FAKTOR DAN KELIPATAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KELAS IV SD NEGERI PILANG 1 TAHUN 2010”, maka dapat penulis temukan kelemahan-kelemahan pembelajaran siswa sebagai berikut :

1. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran rendah.

2. Siswa kurang cepat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

3. Hasil tes pelajaran matematika kurang memuaskan.

DAFTAR PUSTAKA

Andayani, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka

Wardani dan Winardi, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas.

Syamsudin, Abin dkk. 2003. Profesi Keguruan. Jakarta : Univesitas Trebuka.

I GAK Wadhoni, dkk. 2007. Penelitian tindakan kelas Modul 1-6. Jakarta : Universitas Terbuka.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen. Gemar Matematika untuk SD Kelas IV Semester I : CV Semesta.

Drs. H. Udin S. Winataputra, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar Modul 1-12. Jakarta : Universitas Terbuka.

Untuk mendapatkan file PKP lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8000 963


Category Article ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.